Banner Portibi
Banner Portibi
Banner Portibi
Banner Portibi
Banner Portibi

Infaq Uang Makan Pusaka Dapat Membantu Sesama

Kisaran (Portibi DNP) : Kunjungan kerja Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Tohar Bayoangin dalam acara peresmian ruang belajar PUSAKA ( Puasa Senin Kamis ) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pulau Rakyat sekaligus penyerahan piagam inisiator program Pusaka dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan kepada Tohar Bayoangin, Kamis 20 April 2017. Sesampai di MIN Pulau Rakyat, Tohar dan rombongan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan disambut dengan tarian persembahan oleh siswi MIN Pulau Rakyat, seluruh perangkat pendidik dan kependidikan MIN Pulau Rakyat dan beberapa tokoh agama dari masyarakat setempat juga ikut menyambut kedatangan Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara .
Rasa terima kasih yang tak terhingga disampaikan Kepala MIN Pulau Rakyat Eltina kepada Kakanwil Kemenag Sumut atas kesediaannya berkunjung untuk meresmikan ruang belajar Pusaka walaupun banyak tugas yang harus diselesaikan Beliau di Kota Medan. Eltina menyampaikan bahwa ruang belajar yang sangat sederhana didasari atas keikhlasan dari bapak ibu guru beserta staf di MIN Pulau Rakyat untuk memberikan bantuan. Dengan jumlah siswa 320 orang , jumlah rombel 12 dan jumlah kelas yang ada hanya 7 ruang.
Hal ini bermula dari motivasi Kakanwil Kemenag Sumut yang mengatakan bahwa seluruh ASN Kementerian Agama untuk melaksanakan Puasa Senin Kamis dan dari puasa itu kami sepakat untuk menginfaqkan uang makan tersebut yang digunakan untuk melakukan pembangunan satu ruang belajar sederhana dengan dana yang terkumpul kurang lebih Rp. 27.000.000,- imbuh Eltina.
Beliau juga menyampaikan bahwa kondisi dan keadaan MIN Pulau Rakyat yang masih sederhana ini sangat membutuhkan sentuhan terutama untuk renovasi atap atau seng serta jika diizinkan kami mohon bantuan dana untuk mendirikan 3 ruang belajar lagi, ucapnya.
Tohar dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh MIN Pulau Rakyat adalah mulia dan sangat perlu dicontoh oleh Madrasah lainnya . Dengan mengumpulkan uang makan Puasa Senin Kamis dapat mendirikan satu bangunan ruang belajar untuk anak-anak didik itu merupakan suatu kerja keras yang luar biasa dan merupakan suatu inovasi dari seorang leader yang pintar dan bijaksana.
Tohar menyampaikan dalil keutamaan tentang berpuasa Senin Kamis serta puasa sunnah lainnya dari sabda Rasulullhah SAW yang artinya Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya AR Rayyan yang akan dimasuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari Kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. Dia juga menambahkan bahwa pintu pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis dan saat itulah setiap orang mukmin diampuni kecuali bila mereka dalam keadaan bermusuhan.
Coba renungkan, ada 69 ribu guru kita, jika saja mau menginfaqkan uang makannya yang 30 ribu sehari saat Puasa Senin Kamis maka seminggu sudah akan terkumpul empat milyar seratus empat puluh juta rupiah, bagaimana kalau sebulan dan setahun. Subhanallah kita akan dapat berbagi ke madrasah yang butuh bantuan , yang tak tersentuh oleh pemerintah. Maka mari bersama kita contoh apa yang telah dibuat oleh MIN Pulau Rakyat, mari kita bantu Islam, kita bangun Islam, agar Islam semakin maju dari pendidikan dan pemikiran, kata Tohar penuh semangat.
Saya sangat senang dengan leader yang bukan hanya pintar tapi juga bijaksana, leader yang mempunyai inovasi demi kemajuan madrasahnya. Madrasah lebih baik lebih baik madrasah harus tetap kita tanamkan dalam diri dengan ditambah lima nilai budaya kerja, katanya.
Laksanakan juga shalat dhuha yang sudah dilonching di Kemenag Asahan, karena semua itu untuk kebaikan kita. Allah akan memberikan rezeki yang tak terhingga pada hambanya yang mau menjalankan ibadah sunnah selain ibadah wajibnya, tetapi mengerjakan ibadahnya juga harus dengan keikhlasan diri bukan karena takut akan pimpinan atau juga hanya sekedar ikut-ikutan.
Dengan ucapan Bismillah Tohar meresmikan ruang belajar Pusaka dengan penandatanganan batu bertulis dan pengguntingan pita. Dilanjutkan dengan pemberian Piagam penghargaan kepada Kakanwil oleh Kakankemenag sebagai Inisiator Program Pusaka yang disaksikan oleh Bupati Asahan diwakili oleh staf ahli , wakil ketua DPRD Kab. Asahan, Ketua MUI Kabupaten Asahan, Ketua Imtaq, Camat Pulau Rakyat, Kapolsek, Danramil, Kades, tokoh agama dan Pejabat Struktural dan Fungsional Kankemenag Kabupaten Asahan. PD07/kem

 

Pemberian Piagam Penghargaan Oleh Kakankemenag Asahan Hayatsyah kepada Kakanwil Kemenagsu Tohar Bayoangin sebagai inisiator program pusaka.
Pemberian Piagam Penghargaan Oleh Kakankemenag Asahan Hayatsyah kepada Kakanwil Kemenagsu Tohar Bayoangin sebagai inisiator program pusaka.
Facebook Comments

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *