Banner Portibi
Banner Portibi
Banner Portibi
Banner Portibi
Banner Portibi

Buronoan Kasus Alkes Rp 14 M RS Dholeham Binjai Ditangkap Intel Kejati Sumut

MEDAN (Portibi DNP) : Seorang buronan dalam kasus dugaan korupsi alat kesehatan (Alkes) di RSUD Djoelham Binjai bersumber dari APBN Tahun Anggaran (TA) 2012 senilai Rp 14 miliar, Suriyana, diamankan tim Intelijen Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) di salah satu hotel di Jalan Darussalam, Medan, Kamis (28/12) malam. “Tim intel yang telah melakukan pemantauan terhadap Suriyana selama seminggu, pada Kamis malam tadi sekitar pukul 19.35 WIB langsung melakukan penangkapan dan mendobrak pintu kamar hotel tempat ia menginap,” kata Asisten Intelijen Kejati Sumut, Idianto, Jumat (29/12).
Idianto menjelaskan, penangkapan Suriyana sesuai dengan Surat Perintah Tugas Kajatisu Nomor: SP. TUG-44/N.2.3/Dsp.4/12/2017. Dalam kasus korupsi, Suriyana menjabat sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PKK) proyek pengadaan Alkes di RSUD Djoelham Binjai. “Tersangka ini telah buron dan DPO sejak ditetapkan tersangka tanggal 6 November 2017,” jelasnya. Usai diamankan, Suriyana diboyong ke Kantor Kejati Sumut di Jalan AH Nasution Medan, untuk dilakukan pemeriksaan dan penahanan.”Suriyana dalam proses penyidikan dinilai tidak kooperatif dan selalu mangkir dari pemeriksaan sebagai tersangka,” ungkap Idianto.
Selain Suriyana, Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Binjai juga menetapkan 6 tersangka lainnya, yakni? Direktur Utama (Dirut) RSUD Djoelham Binjai, Mahim Siregar, Cipta sebagai ULP RSUD Djoelham Binjai, Suhadi Winata selaku Ketua Pokja Pengadaan Barang dan Jasa. Kemudian, Budi Asmono sebagai Kepala Cabang Kimia Farma Medan tahun 2012, Teddy selaku Direktur PT Mesarinda Abadi dan Feronica sebagai Direktur PT Petan Daya Medica. Dalam kasus korupsi ini modus dilakukan para tersangka dengan melakukan penggelembungan harga (mark-up) dan pengadaan barang serta jasa dilakukan pihak RSUD Djoelham Binjai tidak sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 tahun 2010.P07

Facebook Comments

Related posts