Banner Portibi
Banner Portibi
Banner Portibi
Banner Portibi
Banner Portibi

Jenderal TNI-Polri Ikut Pilkada, Bawaslu Imbau Tak Ada yang Curi Start

JAKARTA (Portibi DNP) : Badan Pengawas Pemilu Bawaslu (Bawaslu) mengimbau para Jenderal aktif, baik di TNI maupun Polri, yang akan berkontestasi di Pilkada 2018 untuk tak mencuri start dalam menyosialisasikan diri. Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin menuturkan, upaya pencegahan tersebut telah disampaikan oleh Bawaslu. “Agar para pihak yang potensial menjadi calon ini tidak melakukan curi start termasuk melakukan pencitraan diri,” ujar Afifuddin seusai acara diskusi di bilangan Setia Budi, Jakarta Selatan, Selasa (26/12).
Ia mencontohkan orientasi pencegahan tersebut juga masuk hingga kegiatan-kegiatan umum, misalnya jalan sehat, yang mengakuisisi massa dan diduga ada kehadiran bakal calon kepala daerah tersebut. Bawaslu kemudian akan menyurati yang bersangkutan bahwa kegiatan tersebut berpotensi disalahgunakan meskipun penindakannya baru akan dilakukan setelah mereka resmi menjadi calon. Di beberapa daerah, Bawaslu mengupayakan klarifikasi soal netralitas TNI-Polri tersebut, kepada bakal pasangan calon. Termasuk kepada bakal calon yang belum memiliki pasangan untuk maju.
Sedangkan yang sudah banyak mendapat klarifikasi adalah soal netralitas Aparatus Sipil Negara (ASN). “Ini bagian dari pencegahan yang kami lakukan agar ada semacam psikologi ketakutan terhadap ASN ini dan tak memobilisasi terhadap Pilkada yang berjalan,” kata dia. Koordinasi dilakukan oleh Bawaslu dengan Mabes TNI dan Polri untuk menguatkan sinergi penindakan kepada aparat yang tidak netral. Termasuk dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bagi ASN yang tidak netral. “Tentu ini kaitannya antara kewenangan yang tidak semua di kami tapi fungsi penindakannya sebagian ada di POM untuk tentara dan juga KASN untuk aparat yang tidak netral,” kata Afif.
Adapun beberapa jenderal yang dikabarkan akan maju Pilkada 2018 adalah Kepala Korps Brimob Polri Irjen Murad Murad Ismail di Pilkada Provinsi Maluku, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Safaruddin di Pilkada Provinsi Kalimantan Timur, Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Irjen Anton Charliyan di Pilkada Provinsi Jawa Barat, dan Kapolda Sumatera Utara Irjen Paulus Waterpauw, di Pilkada Papua. Sedangkan di TNI, Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat TNI Letjen Edy Rahmayadi akan ikut berkontestasi pada Pilkada Sumatera Utara.kcm

Facebook Comments

Related posts